Bus Klasik

 

Bis bukan sekedar armada transportasi yang memuat banyak penumpang kemudian mengantarkannya ke bermacam-macam tujuan, melainkan telah menjadi komponen dalam perjalanan sejarah transportasi di banyak negara, termasuk pernah berjaya Indonesia.

Masyarakat Indonesia tentu masih mengingat bagaimana rasanya menumpang bis-bis dari perusahaan transportasi PPD bermerek Mercedes-Benz Superior Coach tahun 1971 ataupun Mercedes-Benz seri Omnibus Hintere (OH) yang diterapkan DAMRI pada 1988 sampai 2015.

Artikel terkait : Sewa Bus Pariwisata Jakarta

Para penumpang yang awam menunggu di tempat pemberhentian bis pada masa itu tentunya mengingat wajah kendaraan bongsor dengan panjang belasan meter hal yang demikian.

Ketidakhadiran bis itu malah telah nampak dari jauh lewat ciri khas desain lampu bulat yang diposisikan ke bawah mendekati bumper, kaca depan yang lapang dan kelir bodi yang biasanya berwarna biru muda, ditambah dentuman klakson dan deru mesin yang terdengar terang ketika didekati.

Bis-bis lawas itu sekarang dapat disaksikan malahan ditumpangi untuk sesaat pada pameran Classic N Unique Bis 2018 di JIExpo.

Sebanyak 10 bis lintas generasi, mulai dari yang tertua Fuso 1963 koleksi PO Sumber Alam Kutoarjo sampai Mercedes-Benz Vintage 2017 edisi khusus dari PT Transjakarta, akan memberikan ilustrasi bagaimana cara kerja transformasi armada bis dalam tiap dekade.

Inspirasi kami ini membangkitkan kenangan orang melewati bus.

Transjakarta menangkap pandangan baru kami dan menerapkannya dengan armada baru dengan tampilan yang vintage.

Fikri mengatakan pihaknya tak pernah bosan untuk menghadirkan bis-bis klasik ke hadapan masyarakat Indonesia. Bukan sekedar membangkitkan kenangan, namun mengajak masyarakat untuk kembali menaiki bis sebagai transportasi massal yang relatif murah dan pernah berjaya di Indonesia.

Berbeda dari tahun lalu, pameran bis jadul kali ini menghadirkan tiga armada yang belum pernah tampil adalah dua unit DAMRI dan satu unit Hino AM100 yang semuanya masih beroperasi bagus.

Pengunjung pameran juga dapat menaiki PPD Mercedes-Benz Superior Coach 1971 dan Mercedes-Benz Omnibus Hintere (OH) DAMRI Bandung beroperasi hingga 2015.

Bis-bis klasik lainnya yang terpajang pada pameran itu ialah Bis Kayu POWNIS Mitsubishi Colt Diesel 100 PS milik PT Timah, Mercedes-Benz PPD (1991) Volgren, Bis Hino medium (1984) koleksi PO Maju Lancar Yogyakarta,Hino AK, dan empat unit bis koleksi pribadi.

 

yang lain > Sewa Bus Jakarta