Cegah Banjir Bandang, Kementerian PUPR Normalkan Aliran Sungai di Sentani

Menteri Perumahan Rakyat (PUPR) melarang keras aksi pembalakan liar atau penebangan liar (illegal logging) di Gunung Cyclop. Langkah ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang dahsyat seperti yang menimpa wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, sebagian waktu lalu.

Berita Terkait : best-mediaforge.com

Adapun banjir bandang hal yang demikian disebutkannya yakni petaka musiman setiap 5-6 tahunan yang sering melanda kawasan Sentani dan sekitarnya.

Sebagai langkah permulaan, dia mengatakan, akan membikin dua langkah permulaan supaya petaka musiman ini tidak hingga menghantam pemukiman padat di wilayah hilir. Pertama, memberi nasihat kembali air ke aliran sungai aslinya, kemudian membangun sabo dam untuk membendung material turunan banjir.

Ia membeberkan, pembangunan sabo dam beserta tanggul dan lainnya akan didahului dengan membikin desain permulaan yang diperkirakan selesai sekitar 1-2 bulan. Semetara Badan Nasional Penanggulangan Petaka (BNPB) bakal mengurusi tata lingkungan yang rusak.

Tidak cuma itu, Menteri Basuki bahkan melarang keras adanya tindak illegal logging sampai penambangan liar di wilayah Gunung Cyclop yang di bawahnya banyak terdapat pemukiman warga.

 

Lihat berita serupa disini : silver6pence.com