Menanti Kerjasama di Bidang Pendidikan Indonesia – Korsel

seoul korsel

Menteri Riset Teknologi dan Pengajaran Tinggi Mohamad Nasir menjalankan kunjungan kerja ke Seoul. Kunjungan dimulai dengan visitasi ke Hankuk University for Foreign Studies (HUFS) dan Cyber Hankuk University for Foreign Studies (CUFS) yang sudah bekerjasama dengan Universitas Nasional di Indonesia semenjak sebagian tahun lalu. Kunjungan di HUFS di terima oleh President HUFS Kim In Chul.ko

Sekolah Internasional di Jakarta dalam pembicaraan dipimpin Kim In Chul dan Menristekdikti Mohamad Nasir tersirat dukungan Kemenristekdikti atas kerjasama Korea Selatan dan Indonesia pengembangan cyber university.

Topik pembicaraan meliputi jumlah dan akhlak mahasiswa cyber university, akreditasi dari program-program cyber university, komposisi/persentase students lecturer, mekanisme dan infrastruktur HUFS dan CUFS. Pada malam pertama kunjungan di Seoul, juga dilakukan pertemuan dengan sebagian pengusaha Korea Selatan (pemodal) yang sudah dan akan memberikan kontribusi dalam agenda pengembangan cyber university diIndonesia.

Bilateral iptek Hari kedua di Korea Selatan, Menristekdikti mengadakan pertemuan dengan YM Mun Mi-Ock, Wakil Menteri Pertama di Kementerian Iptek, Teknologi Isu dan Komunikasi Korea Selatan. Menristekdikti menyuarakan Indonesia dan Korea Selatan sudah menandatangangani MoU perihal kerjasama Iptek di tahun 2009 dan kini saatnya memperbaharui kerjasama bilateral Iptek.

Menteri Nasir meyakini ke depan Indonesia dan Korea Selatan bisa memaksimalkan kerjasama bilateral dalam pengembangan Science and Technology Park(STP), riset bersama dengan tematik program yang akan disepakati kemudian. Pertemuan Menristekdikti dan YM Yoo Eun Hae Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pengajaran Korea Selatan membicarakan agenda kerjasama pengajaran tinggi kedua negara termasuk pertukaran mahasiswa, dosen, peneliti, profesor, beasiswa untuk master dan doktor, serta program capacity building lainnya.

Dengan pengaplikasian cyber university di Indonesia diinginkan APK ini bisa meningkat sebab pihak Korea Selatan mengatakan dikala ini ada 21 cyber university di Korea Selatan dan sudah rupanya bisa menaikkan jumlah APK di negaranya. Kepada perjanjian kerja sama bidang pengajaran tinggi antara kedua negara, YM Yoo Eun Hae memperkenalkan apresiasi atas draft pertama pihak Indonesia dan akn secepatnya di finalisasi sehingga kedua negara memiliki payung kerjasama bidang pengajaran tinggi.

 

 

Artikel Lainnya : International School Jakarta